Wednesday, May 4, 2016

Dampak Negatif Tidur Dekat Ponsel

Saat ini ponsel pintar telah menjadi salah satu kebutuhan manuia yang tak dapat dipisahkan di jaman modern ini. Hampir semua orang memiliki perangkat pintar untuk memenuhi kebutuhan aktivitas mereka. Ini dikarenakan banyak sekali macam pilihan perangkat pintar yang bisa dibeli sesuai dengan dana yang dimiliki. Terlebih lagi keberadaan perangkat pintar saat ini tidak hanya digunakan sebagai perangkat komunikasi saja, melainkan untuk kebutuhan lainnya seperti membantu pekerjaan, sebagai sarana hiburan, dan lain sebagainya.

Sdengan segala kelebihannya tersebut, pastinya akan memudahkan para penggunanya. Akan tetapi perlu Anda ketahui penggunaan berlebihan perangkat elektronik tersebut juga bisa menyebabkan dampak buruk untuk tubuh, terlebih bila sampai diletakkan berdekatan ketika tidur. Ini dikarenakan pada ponsel memiliki pancaran radiasi yang tinggi dan tak bisa dilihat dengan mata. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Untuk memberikan informasi kepada Anda, di bawah ini terdapat beberapa dampak negatif tidur dekat dengan ponsel, simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Dampak Negatif Tidur Dekat dengan Ponsel

Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker

Dampak negatif tidur dekat ponsel yang pertama adalah dapat menyebabkan penyakit kanker. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya. Untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dapat dilakukan dengan banyak cara seperti menjaga pola hidup sehat. Tahukah Anda bahwa tubuh yang terkena banyak radiasi ponsel bisa menyebabkan terkena kanker? Ini dikarenakan radiasi yang disebabkan oleh ponsel bisa mempengaruhi proses pembelahan sel pada tubuh menjadi kurang terkendali. Untuk itu bagi Anda yang terbiasa meletakkan ponsel di dekat Anda, ada baiknya jika menjauhkannya dan mematikan ponsel tersebut untuk menghindari dampak radiasi.

Menyebabkan Tidur Kurang Nyenyak

Dampak negatif ponsel berikutnya adalah dapat menyebabkan tidur menjadi kurang nyenyak. Perlu Anda ketahui bahwa ponsel dapat menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu. Ini dikarenakan ketika ponsel berada di dekat dapat membuat Anda ingin terus bermain ponsel tersebut. Selain itu apabila terdapat chat atau sms juga bisa mengganggu. Dengan hal-hal tersebut membuat tidur Anda menjadi lebih larut malam, yang dapat menyebabkan masalah insomnia.

Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

Dampak negatif tidur dekat ponsel berikutnya adalah dapat menyebabkan serangan jantung. Seperti kanker, tidur dekat ponsel juga dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Pada beberapa kasus telah ditemukan bahwa seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung berhubungan dengan ponsel yang berada di dekatnya ketika mereka tidur. Selain itu dampak radiasi juga turut menjadi salah satu penyebabnya.

Menghambat Proses Metabolisme Tubuh

Dampak negatif berikutnya adalah dapat menghambat proses metabolisme pada tubuh. Diketahui ketika seseorang sedang tidur maka proses metabolisme di dalam tubuh juga bekerja dengan aktif. Sedangkan apabila seseorang terkena radiasi pada ponsel membuat tidur menjadi kurang nyenyak, sehingga proses metabolisme akan menjadi terhambat. Ketika sistem metabolisme terganggu bisa menyebabkan proses pencernaan menjadi terganggu.

Dapat Menyebabkan Pusing pada Kepala

Dampak negatif yang terakhir dalam pembahasan ini adalah dapat menyebabkan rasa pusing pada kepala. Rasa pusing dapat disebabkan karena ponsel berada didekat Anda yang bisa menyebabkan tidur Anda terganggu. Selain itu seperti pada penjelasan di atas bahwa ponsel memancarkan radiasi gelombang RF yang bisa menyebabkan rasa sakit pada kepala, pusing, atau bahkan sampai dengan mual.

Baca

No comments:

Post a Comment